banner 700x256

Pembekalan dan Pengembangan Kelompok UMKM Desa Mojorejo Kabupaten Madiun

Pembekalan dan Pengembangan Kelompok UMKM Desa Mojorejo Kabupaten Madiun
banner 120x600
banner 336x280

Madiun – News PATROLI.COM –

Dalam rangka menumbuhkan usaha serta mengembangkan berbagai gagasan dan ide usaha baru bagi UMKM , diperlukan adanya peningkatan kinerja. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah motivasi.

Bagi pelaku usaha, salah satu yang tidak boleh luput perhatian adalah menjaga motivasi kerja karyawan. Hal ini sangat penting karena motivasi akan mempengaruhi kinerja, dan baik atau buruknya kinerja karyawan akan berimbas pada usaha yang dijalankannya. Bila motivasi kerja karyawan terjaga dengan baik maka perkembangan usaha bisa berjalan lancar. Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan pembekalan peningkatan motivasi kerja kepada anggota kelompok UMKM.

Pembekalan dan Pengembangan Kelompok UMKM Desa Mojorejo Kabupaten Madiun

Tujuan penyuluhan adalah memberikan pemahaman tentang motivasi (intrinsik dan ekstrinsik), motivasi wirausaha, dan pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

PKM dilaksanakan dengan metode penyuluhan yang disampaikan secara langsung oleh
Nara Sumber 1). Timoti andre roberto dan 2). Joko wayang. Penyuluh memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai motivasi kerja, serta dilaksanakan pula metode monitoring untuk mengetahui efektifitas penyuluhan.

Baca juga : Dekranasda Bojonegoro Buka Bazar UMKM, Kenalkan Produk Lokal kepada TP PKK Se-Wilayah Kerja Bakorwil II

Hasil dari penyuluhan yang terlihat dari kuesioner efektifitas penyuluhan, dimana peserta menyatakan bahwa: 1). Materi yang disampaikan menarik, mudah dipahami dan di praktekan, dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, serta sesuai dengan kebutuhan UMKM. 2). Peserta termotivasi untuk bekerja dan berusaha lebih giat lagi, peserta mendapatkan pengetahuan tentang cara meningkatkan kinerja UMKM.

Dalam kesempatan acara tersebut, Pemerintah Desa Mojorejo juga memberikan bantuan 8 pasang Tenda kepada kelompok UMKM desa Mojorejo,Warga dan juga segenap anggota BPD desa Mojorejo yang di laksanakan pada 10 Maret 2024 berlokasi di Omah Kinaryo desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun, yang harapannya tenda tersebut bisa di pakai dan di manfaatkan sesuai fungsi dan kegunaannya. bantuan diserahkan langsung oleh Pemdes Mojorejo kepada Nani dan Pipit selaku pengurus UMKM desa Mojorejo.

“Semoga semua ilmu dan bantuan yang diberikan akan bermanfaat untuk kemajuan UMKM dan Masyarakat desa Mojorejo,” pungkas Nani. (Marsudi)

Baca juga berita lainnya diGoogle News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *