banner 700x256

Pasir Kucing Ramah Lingkungan, Inovasi Mahasiswa ITS

Inovasi Facocat, pasir kucing ramah lingkungan berbahan dasar fly ash dan arang aktif besutan tim mahasiswa ITS
banner 120x600
banner 336x280

Surabaya – News PATROLI.COM –

Banyaknya kalangan masyarakat Indonesia yang memelihara kucing khusus yang ber Ras memantik adanya peluang pasar tertentu yang cukup besar terkait pemeliharaan kucing, salah satunya adalah penggunaan pasir kucing.

Berangkat dari hal tersebut, tim mahasiswa Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengembangkan Inovasi baru Facocat, yakni pasir kucing ramah lingkungan yang berbahan dasar fly ash dan arang aktif dari sabut kelapa.

Tampilan Facocat, pasir kucing ramah lingkungan berbahan dasar fly ash dan arang aktif hasil karya tim mahasiswa ITS

Ketua tim Kalinda Ayu Prasasti mengungkapkan bahwa inovasi ini lahir karena mayoritas bahan dasar pasir kucing bersifat karsinogenik dan tentunya berbahaya bagi kucing. “Oleh karena itu, kami mencoba memanfaatkan sabut kelapa dan abu layang (fly ash) yang lebih ramah lingkungan pada pembuatan pasir untuk kucing ini,” terang Kalinda, dalam rilis ITS, Kamis(29/2/2024).

Baca juga : Dislambair Koarmada II Gelar Latihan Khusus Selam

Membahas produk inovasinya lebih rinci, Kalinda menjelaskan, sabut kelapa memiliki kandungan selulosa yang berpotensi diolah menjadi arang aktif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa arang aktif mempunyai pori-pori yang terbuka sehingga daya penyerapannya tinggi. “Hal tersebut membuat arang aktif kerap digunakan dalam proses pemurnian,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *