banner 700x256

Komitmen Wujudkan Transformasi Digital, Pemkot Mojokerto Raih Penghargaan Digital Government Award

Presiden Jokowi saat menyampaikan Arahannya
banner 120x600
banner 336x280

Mojokerto – News PATROLI. COM –

Pemerintah Kota Mojokerto berhasil meraih Digital Goverment Award 2024 kategori Penerapan Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah (IPPD) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Pengumuman resmi penghargaan tersebut berlangsung saat SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia, di Istama Negara, Jakarta, Senin (27/5).

“Alhamdulillah, penghargaan yang kami terima ini tentu akan menjadi motivasi untuk memperkuat sinergi antar seluruh elemen strategis baik secara vertikal maupun horizontal,” ungkap Pj Wali kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro.

Sebagai informasi, indeks SPBE mengukur penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE dengan tujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel.

Indeks SPBE tahun 2023 menjadi pencapaian terbaik yang berhasil dicapai Kota Mojokerto, yaitu 4,26 dengan predikat memuaskan. Angka tersebut naik, dibanding tahun 2021di angka 2,92 dan 3,32 di tahun 2022.

“Ini menunjukkan bagaimana digitalisasi layanan pemerintahan secara umum sudah berjalan efektif dan efisien. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi,” ujar sosok yang akrab disapa Mas Pj ini.

Baca juga : HUT RSUD RA Basoeni ke-19 tahun Berlangsung Meriah, Bupati Ikfina Launching Inovasi Lanjut Bazz
Pj. Walikota Mojokerto Moch. Ali Kuncoro STTP saat mendengarkan arahan dari Presiden Jokowi

Penilaian indeks SPBE ini melibatkan puluhan perguruan tinggi sebagai asesor eksternal. Dalam prosesnya, melalui berbagai tahapan, diantaranya penilaian mandiri, penilaian dokumen, penilaian interviu, visitasi, dan pelaporan.

Salah satu upaya yang telah dilakukan Pemkot Mojokerto adalah dengan membangun satu portal untuk pelayanan publik di Kota Mojokerto, yaitu Portal Layanan Publik Terpadu Pemerintah Kota Mojokerto (Palapa Mojo).

“Pelaksanaan transformasi digital dalam pelayanan publik tentu diharapkan dapat mendorong penciptaan inovasi dalam memecahkan masalah yang ada. Namun tidak harus menambahkan aplikasi baru bisa diintegrasikan dan diinteroperabilitaskan ke dalam aplikasi yang sudah ada. Nah, Palapa Mojo ini sebagai rumahnya,” terang Kepala Diskominfo Santi Ratnaning Tias.

Palapa Mojo dapat didownload melalui Google play store. Dapat dimanfaatkan untuk mengakses beberapa layanan diantaranya Gayatri, PPID, antrean online di MPP Gajah Mada, Sapa Mas PJ, Call Center 112, PSC 119, SiMojo, SiMakel, titik wifi gratis dan pengaduannya. (Kartono)

Baca juga berita lainnya diGoogle News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *