banner 700x256

Kodim Bojonegoro gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Kodim Bojonegoro gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024
banner 120x600
banner 336x280

Bojonegoro – News PATROLI.COM –

Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro Jawa Timur, pagi ini Sabtu (1/6/2024), melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila ke- 79 dilapangan Markas Kodim setempat. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM.

Selaku Inspektur Upacara (Irup), Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., yang membacakan Amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, menyampaikan, peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

Tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Baca juga : Babinsa Koramil 0813-09/Sumberrejo Bojonegoro Bekali Bela Negara Linmas Desa Sumberharjo

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *