banner 700x256

Lestarikan Lingkungan, Satgas TMMD 120 Kodim Bojonegoro dan Masyarakat Hijaukan Bantaran Sungai Napis

Lestarikan Lingkungan, Satgas TMMD 120 Kodim Bojonegoro dan Masyarakat Hijaukan Bantaran Sungai Napis
banner 120x600
banner 336x280

Bojonegoro – News PATROLI.COM –

Ratusan personel TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro, bersama warga Dusun Dolok dan Pemerintah Desa Napis Kecamatan Tambakrejo, melaksanakan karya bakti penanaman ratusan bibit pohon penghijauan di bantaran sungai desa setempat, Rabu (5/6/2024).

Penanaman 150 batang bibit pohon penghijaun jenis sengon dan johar yang dilakukan merupakan bagian dari wujud kepedulian dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, kegiatan karya bakti bersama tersebut juga menjadi momentum untuk memperkuat kemanunggalan TNI dan rakyat, sehingga tercipta sinergitas yang semakin solid.

Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) Satgas TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro, Lettu Inf Supratno, mengatakan, penanaman bersama pohon penghijauan tersebut melibatkan instansi terkait beserta masyarakat sasaran program yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral, dengan mengusung tema ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah’.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat setempat serta lingkungan sekitar. Menurutnya, penanaman bibit pohon tersebut tidak hanya membantu mengurangi dampak dari pemanasan global tetapi juga memberikan sumber daya alam yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

“Penaman pohon penghijauan ini dilakukan dalam rangka menciptakan lingkungan yang lebih asri dan hijau, serta sebagai resapan air pada saat musim penghujan,” ujarnya.

Dia juga menyebut, bahwa ratusan batang bibit pohon penghijauan yang ditanam di seputaran bantaran sungai dan kiri kanan jalan Dusun Koripan hingga Dusun Tawaran Desa Napis itu merupakan bantuan dari Dinas Perhutani Kabupaten Bojonegoro, yang sekaligus juga merupakan sasaran fisik tambahan kegiatan program TMMD ke- 120 tahun ini.

Baca juga : Koramil Dander Kodim Bojonegoro Selenggarakan Bakti Sosial Donor Darah

“Ada sebanyak 150 batang bibit pohon sengon yang kita ditanam di sekitaran sungai Napis. Penanaman bibit pohon ini sebagai program tambahan TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro dalam rangka mendukung program penghijauan pemerintah daerah, sekaligus mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa guna peningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, sejahtera, dan mandiri,” kata Lettu Inf Supratno.

Aksi tanam pohon penghijauan tersebut, juga mendapat sambutan yang baik dan apresiasi dari warga masyarakat Desa Napis. Mereka berharap, kegiatan karya bakti ini dapat menjadi awal yang baik untuk menjaga kelestarian alam diwilayah mereka.

Seperti yang disampaikan, Sekretaris Desa Napis, Agus Purnomo, bahwa kegiatan TMMD ke- 120 yang berlangsung dari tanggal 8 Mei sampai dengan 7 Juni 2024 ini tidak hanya memperkuat kemanunggalan TNI dan rakyat, tetapi program ini juga memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Atas nama pemerintah desa dan warga masyarakat Desa Napis, pihak mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI Satgas TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro dan juga masyarakat yang sudah mengikuti proses penanaman pohon penghijauan tersebut. Dia berharap, dengan adanya kegiatan karya bakti bersama ini khususnya bagi masyarakat Desa Napis semakin sadar akan pentingnya menjaga dan merawat lingkungan.

“Dari aksi yang dilakukan ini diharapkan bibit pohon yang sudah kita tanam ini nantinya hidup dan menyumbangkan oksigen sebagai paru-paru dunia,” pungkasnya.(eko/PEN).

Baca juga berita lainnya diGoogle News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *