Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

KPU Kabupaten Lampura Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT Pilkada 2024

Heri Yadi Saputra
KPU Kabupaten Lampura Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT Pilkada 2024
KPU Kabupaten Lampura Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT Pilkada 2024
banner 120x600
banner 336x280

Lampung Utara – News PATROLI.COM –

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara menggelar rapat pleno terbuka dalam rangka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan digunakan dalam Pilkada 2024 Serentak tanggal 27 Novembet 2024 mendatang.

Bertempat di Aula Hotel Cahaya Kotabumi. Jum’at 20 September 2024.

rapat pleno terbuka tersebut dihadiri Ketua KPU Lampung utara, Drs.Marswan Hambali. dan 4 komisioner KPU Lampura, dan turut dihadiri juga Komisioner Bawaslu, Mad Akhir dan jajaran Bawaslu lampura, Kepala dinas Kesbang Pol Lampung Utara, tim pemenangan Hamartoni ahadis, dan Ardian Saputra, Kapolres lampura atau yang mewakili, dari Kodim Lampura dan yang mewakili, Karutan Kotabumi, Kalapas Kota bumi, Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) selampung Utara.

Disampaikan, Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara Drs.Marswan Hambali, penetapan DPT merupakan salah satu rangkaian dalam penyelenggaraan Pemilu yang diatur sesuai dengan Undang-Undang No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan. “Ini merupakan rangkaian dari pemilu,” ungkapnya.

KPU Kabupaten Lampura Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT Pilkada 2024 2
KPU Kabupaten Lampura Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT Pilkada 2024

DPT ditetapkan setelah melalui sejumlah tahapan mulai dari daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Kemendagri yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran data oleh petugas Pantarlih di lapangan.

Setelah melewati proses pemutakhiran oleh petugas Pantarlih, Data Pemilih dilakukan pemutakhiran dan Penetapan kembali tiap tingkatan seperti DPHP, DPS, DPSHP dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) merupakan hasil akhir dari proses panjangnya. Sehingga DPT saat ini merupakan data pemilih final yang menjadi acuan dalam pemilu 2024.

Baca juga : KPU Situbondo Rangkul Berbagai Media Sosialisasikan Tahapan Pilkada Serentak 2024 dan Penetapan 2 Paslon Sebagai Peserta Pilkada

Proses penetapan DPT ini menjadi penting guna menghasilkan data pemilih yang valid, mutakhir serta, komprehensif serta masyarakat yang terdaftar dalam data pemilih merupakan WNI yang telah memenuhi persyaratan untuk berpartisipasi dalam gelaran Pemilu sesuai dengan yang ditetapkan Undang-Undang.terang nya.

Sementara itu, Anggota KPU Lampung Utara Devisi Datin, Yansen Atik.SE.M.Si., menjelaskan hasil dari rapat pleno terbuka tersebut jumlah Kelurahan desa di lampung Utara Sebanyak 247 Kelurahan dan desa, ditetapkan DPT Untuk Plkada 2024 sebanyak 470.052 pemilih dengan rincian perempuan sebanyak 233.066 dan laki-laki sebanyak 236.986 yang tersebar di 1.065 TPS reguler dan dua (2) TPS lokasi khusus di Lapas II A Kotabumi, dan satu (1) di TPS berada di rutan Kelas IIB kotabumi. Terang Yansen Saat menjelaskan Pada sambutan Pleno Terbuka di hotel Cahaya Kota bumi. Jum’at 20 September 2024. (Heriyadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *