Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

Bupati Libatkan Elemen Masyarakat dan Kader Kesehatan Dalam Mensukseskan Pembangunan Sidoarjo

Agus Sutopo
Bupati Libatkan Elemen Masyarakat Dan Kader Kesehatan Dalam Mensukseskan Pembangunan Sidoarjo E1706517042871
Bupati Libatkan Elemen Masyarakat dan Kader Kesehatan Dalam Mensukseskan Pembangunan Sidoarjo. | Foto: Ist
banner 120x600
banner 336x280

Sidoarjo – News PATROLI.COM –

Peran penting masyarakat dalam pembangunan suatu daerah sangatlah dibutuhkan, agar berjalannya program pemerintah bisa terlaksana dengan baik dan bisa maksimal dalam mencapai suatu pembangunan.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali., SIP. menerapkan Self Governing Community (SGC) didalam membangun kota Delta. Ia menyadari bahwa keterlibatan masyarakat sangat diperlukan dalam mewujudkan pembangunan yang berorientasi pada kemandirian masyarakat. Bupati akan menempatkan RT RW sebagai komunitas yang mandiri dan partisipatif dalam mengatasi problem lingkungan diwilayah masing-masing, termasuk juga peran kader kesehatan dalam pembangunan kesehatan.

Ia menjelaskan, tidak mungkin membangun Kabupaten Sidoarjo sendirian, sehingga saya harapkan kader kesehatan membantu agar Sidoarjo lebih baik lagi, jelas Bupati saat hadir ditengah-tengah ratusan kader kesehatan yang mengikuti Sosialisasi Percepatan Penurunan AKI, AKB dan Stunting di Hotel Fave Sidoarjo, Senin, (22/1/2024).

Menurutnya sekuat-kuatnya dirinya menjalankan pembangunan, akan percuma tanpa dukungan masyarakat. Oleh karena itu, ia akan libatkan elemen masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan. Seperti keterlibatan elemen terkecil di masyarakat yaitu RT. Setiap RT akan didorongnya ikut terlibat dalam pembangunan. Bupati akan bagikan insentif per RT ditahun 2024 ini. Dengan sebesar Rp.500.000,- perbulan sebagai stimulus untuk ikut mensukseskan pembangunan.

Bupati Libatkan Elemen Masyarakat Dan Kader Kesehatan Dalam Mensukseskan Pembangunan Sidoarjo2 E1706517070473
Bupati Libatkan Elemen Masyarakat dan Kader Kesehatan Dalam Mensukseskan Pembangunan Sidoarjo. | Foto: ISt

“Insentif ini sebagai bentuk stimulus kepada masyarakat untuk bersama-sama memajukan Kabupaten Sidoarjo, dengan bergerak bersama, kemajuan Sidoarjo akan semakin cepat, tuturnya.

Baca juga : Sinergitas TNI-Polri Diperkuat, Polresta Sidoarjo Berikan Kejutan HUT ke 79 TNI

Muhdlor menyampaikan di tahun 2024 ini, lima program penguatan kebersamaan akan dijalankannya. Lima gerakan bersama akan dilakukan ditingkat RT.

Gerakan untuk menumbuhkan dan memperkokoh partisipasi warga itu dilombakannya. Dengan hadiahnya Rp. 300 juta bagi RT yang berhasil memajukan lingkungannya.

Lima program tersebut adalah RT Sehat, RT Mandiri Sejahtera, RT Asri, RT Berbudaya dan RT Jimpitan. Kader kesehatan diharapkan dapat ikut mensukseskan program tersebut.

“Keluar dari sini, kader kesehatan harus jadi lokomotif perubahan Kabupaten Sidoarjo, kader kesehatan juga harus mampu menjadi provokator kebaikan di Kabupaten Sidoarjo, tuturnya.

Menurutnya permasalahan ODF yang tidak pernah tuntas sampai hari ini disebabkan karena paradigma pembangunan yang bersifat top down. Masyarakat tidak pernah diajak berdialog dalam menyelesaikan permasalahan ODF.

Muhdlor mengatakan, tiga puluh tahun lalu pemerintah hanya fokus membangun WC komunal tanpa membangun kesadaran masyarakat. Namun mulai tahun 2024 ini, paradigma pembangunan seperti itu akan berubah.

Meskipun dibangunkan WC komunal tetap saja memilih disungai, itu terjadi karena masyarakatnya tidak pernah diajak dialog, tidak pernah diedukasi dan disosialisasi, pemerintah syukur bangun, itulah kenapa sampai 30 tahun kita masih gagal mengurusi ODF, ungkapnya.

Sosialisasi Percepatan Penurunan AKI, AKB dan Stunting yang digelar Dinas Kesehatan tersebut diikuti oleh Kader Kesehatan di tiga kecamatan. Antara lain Kader Kesehatan dari Kecamatan Sidoarjo, Buduran dan Kecamatan Candi.(Gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *