Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

Pemkab Mojokerto Terima Bantuan Penanganan Darurat Bencana dari BNPB

RIRIN FADILAH
Pemkab Mojokerto Terima Bantuan Penanganan Darurat Bencana Dari BNPB E1710397680221
Pemberian bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penanganan darurat bencana kepada Pemerintah Kabupaten Mojokerto | FOTO : Ist
banner 120x600
banner 336x280

Selain itu, Ia juga menjelaskan, pasca terjadinya bencana banjir di wilayah Bumi Majapahit, ada beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki.

“Rekontruksi jembatan Bupak, Gondang. Perbaikan tanggul sungai Sadar, berikutnya perbaikan tanggul sungai Gembolo, dan perbaikan tanggul sungai Brangkal,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Kedeputian Penanganan Darurat BNPB Agus Riyanto mengatakan, penyaluran bantuan ini, bersumber dari adanya laporan kepada BNPB, sehingga dari pihak BNPB pun menindaklanjuti terkait laporan tersebut.

“Jadi nanti, insya Allah kami bantu. Nanti provinsi juga mungkin membantu di dalam waktu dekat, jadi nanti mohon izin terima dulu,” jelasnya.

Agus juga mengatakan, pasca terjadinya bencana, perlu mengambil tindakan untuk merubah status darurat menjadi siaga. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan kemudahan akses maupun beberapa fasilitas kepada masyarakat serta mengakomodir para relawan.

Baca juga : Siap Songsong Muktamar, DPC PKB Kota Mojokerto Bulat Usulkan Gus Muhaimin Sebagai Ketua Umum DPP PKB Kembali

“Jadi itulah sebenarnya modal dasar kita ya. Pertolongan pertama itu ya,” ujarnya.

Agus juga mengatakan, terkait isu bencana yang terjadi, hal tersebut disebabkan oleh pemanasan global yang membuat iklim tidak menentu, sehingga berdampak pada terjadinya berbagai bencana alam.

“Sekarang iklim kita sudah tidak bisa lagi ditebak, seperti pelajaran seperti dulu. Kalau bulan ini musim apa, kalau bulan-bulan berikutnya musimnya apa,” tegasnya.

Diketahui, dalam menindaklanjuti pasca bencana banjir, Bupati Ikfina bersama BNPB meninjau langsung jebolnya tanggul Sungai Brangkal jebol, di Desa Wringinrejo. Berikutnya meninjau putusnya jembatan Bupak yang menghubungkan dua desa yakni Desa Kebontunggul dan Desa Gondang. Setelah itu, meninjau tanggul Sungai Sadar yang jebol dan jembatan retak di Desa Kedunggempol. (Ririn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *