Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

Polda Jateng Manfaatkan ETLE Drone untuk Memantau Lalu Lintas dan Penanganan Laka Lantas Selama Nataru

Marsudi
Gambar WhatsApp 2023 12 22 Pukul 14.35.54 E39f1fef
Polda Jateng Manfaatkan ETLE Drone untuk Memantau Lalu Lintas dan Penanganan Laka Lantas Selama Nataru. | Foto: Ist
banner 120x600
banner 336x280

Menurut Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi kenaikan arus harian mulai Senin sampai Jumat dalam pekan ini sudah mencapai 1.000 kendaraan.

Diungkapkannya, kendaraan yang sudah masuk ke Jateng sebanyak 26 ribu kendaraan dalam pekan ini. Adapun puncak arus diprediksi terjadi pada Sabtu-Minggu tanggal 23-24 Desember.

“Dibandingkan pada tahun 2022, terdapat peningkatan arus sebesar 143 persen di Jateng. Kenaikan terjadi karena tahun ini tak ada Covid-19, berbeda 2022 masih Covid-19,” ucap Kapolda

Dirinya mengatakan, dalam menghadapi arus mudik tersebut seluruh jalur di Jawa Tengah sudah mulai disiapkan termasuk penempatan 15.250 personel gabungan di 278 pos.

Ratusan pos tersebut dipasang di empat jalur prioritas meliputi jalur Tol, jalur Pantura, jalur Tengah, jalur Selatan, dan jalur Deandels.

“Di Jalur tol dan fungsional kita siapkan quick respon berupa patroli berantai di masing-masing ruas jalan ada tim urai. Didukung Pertamina yang mobiling untuk pengisian bahan bakar mobil listrik dan pom bensin berjalan,” tuturnya.

Baca juga : Merajut Harapan Baru; Malam Kenal Pamit Kapolda Jateng yang Menyentuh Hati

Polda Jateng juga mewaspadai titik macet atau bottle neck di wilayah rest area. Terlebih di Jateng ada 8 rest area di jalur arus balik sehingga disiapkan tim urai dan pos tinjau.

“Kami juga pakai drone untuk pantau jalur-jalur bottle neck yang biasanya macet, titik black spot maupun saat kejadian kecelakaan lalu lintas. Anggota jadi bisa mantau langsung tak hanya hanya manual lewat Handie Talkie (HT),” tuturnya.

Sementara Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan, personelnya juga telah diterjunkan secara langsung baik dari jajaran Dishub dan Satpol PP di berbagai pos khususnya di perbatasan dan terminal.

“Untuk ketersediaan pangan jelang kondisi baik dan cukup. Masalah harga naik ini budaya setiap nataru memang ada kenaikan. Kami sudah ada langkah-langkah ketersediaan dan pasokan pangan,” tuturnya. (Marsudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *