Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

“Asatan”, Ribuan Warga dari Berbagai Daerah Berebut Ikan di Sungai Sampean Baru

Dedy Candra Widiyatmoko
Gambar WhatsApp 2023 12 15 Pukul 06.22.09 78148914
"Asatan", Ribuan Warga dari Berbagai Daerah Berebut Ikan di Sungai Sampean Baru. | Foto: Dedy
banner 120x600
banner 336x280

Bondowoso – News PATROLI.COM –

Ribuan warga di Kabupaten Situbondo dari berbagai daerah, berebut ikan mabuk di Sungai Sampean baru yang dikenal dengan Istilah “Asatan” atau ikan Mabuk pada Kamis (14/12/2023). Mereka berkumpul di sempadan sungai untuk menjaring ikan yang mabuk akibat pintu irigasinya dibuka maksimal.

Ita yuninda(36), wanita asal Desa Kalibagor, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, menyatakan sengaja datang ke bagian hulu Sungai Sampean untuk mencari ikan. Pintu dam sungai mulai dibuka sejak pukul 06.00 WIB.

Kegiatan mencari ikan tersebut dilakukan saat masih duduk dibangku smp sampai menikah karena sangat menghibur dan uniknya saat mendapak ikan yang besar.

“Mencari ikan ini untuk senang-senang, hampir setiap tahun dilakukan pengasatan (pengeringan) sungai,” kata Syamsul dalam bahasa Madura pada Kamis (14/12/2023).

Baca juga : Dalam Menjalin Sinergitas Asper Sukosari dan Asper Sumber Wringin Menghadiri Acara Pisah Sambut Kapolsek Sumber Wringin

Dalam mencari ikan, para warga sengaja membuat jaring panjang yang terbuat dari kayu, bambu dan diberi jaring. Sehingga, warga bisa menjaring ikan tanpa harus menceburkan diri ke sungai. Namun, ada juga warga yang mencebur ke sungai untuk langsung menangkap ikan dengan jala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *