Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Berikan Edukasi Pentingnya JKN dan Gaya Hidup Berkelanjutan Kepada Pelajar

Agus Sutopo
BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Berikan Edukasi Pentingnya Gaya Hidup Berkelanjutan Kepada Pelajar E1729603680644
BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Berikan Edukasi Pentingnya JKN dan Gaya Hidup Berkelanjutan Kepada Pelajar
banner 120x600
banner 336x280

Sidoarjo – News PATROLI.COM –

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sidoarjo mengadakan kegiatan edukasi kepada pelajar SMAN 2 Sidoarjo tentang pentingnya pemahaman dasar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan gaya hidup berkelanjutan. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (22/10) di Aula SMAN 2 Sidoarjo, dipimpin langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sidoarjo, Munaqib.

Dalam seminar tersebut, Munaqib menekankan bahwa Program JKN perlu dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat agar manfaatnya dapat dirasakan sepenuhnya. “Promotif dan preventif harus kita lakukan bersama agar kesehatan kita tetap terjaga. Program JKN ini hadir seperti sedia payung sebelum hujan, sehingga kita harus memahami peran besar BPJS Kesehatan dalam menunjang gaya hidup berkelanjutan,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pemahaman terhadap konsep promotif dan preventif sangat penting. “Mencegah lebih baik daripada mengobati adalah prinsip yang harus kita pegang. Oleh karena itu, menjaga kesehatan melalui olahraga, imunisasi, skrining riwayat kesehatan, atau mengikuti program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) menjadi langkah penting,” tambah Munaqib.

BPJS Kesehatan juga memperkenalkan fitur skrining riwayat kesehatan yang dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN atau website resmi BPJS Kesehatan. Fitur ini membantu peserta JKN untuk mengetahui risiko terhadap empat jenis penyakit utama, yaitu diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung, dan gangguan ginjal kronis.

Selain itu, Munaqib memaparkan berbagai inovasi layanan digital yang disediakan BPJS Kesehatan seperti Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa), aplikasi Mobile JKN, dan BPJS Kesehatan Care Center 165. “Peserta JKN tidak perlu khawatir lagi soal administrasi. Semuanya sudah bisa diakses dengan mudah, kapan saja dan di mana saja,” jelasnya.

Baca juga : Divisi Humas Polri Gelar Sosialisasi Bahaya Radikalisme di Ponpes Bumi Sholawat Sidoarjo

Ia berharap generasi muda, khususnya pelajar, bisa menjadi pilar perubahan dalam mendukung digitalisasi layanan kesehatan dan selalu menjaga pola hidup sehat. “Masa depan kalian masih panjang, jadi terapkan pola hidup sehat dan pastikan kepesertaan JKN selalu aktif karena sakit bisa datang kapan saja,” pesannya.

Perwakilan dari SMAN 2 Sidoarjo, Betty Indriana Surya, menyampaikan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo. “Menjaga pola hidup sehat adalah tugas kita semua. Sehat itu mudah, dan sakit itu sangat mahal. Dengan edukasi ini, kami berharap siswa dapat semakin sadar pentingnya gaya hidup sehat,” kata Betty yang juga merupakan guru kimia di sekolah tersebut.

Betty juga mengajak seluruh siswa untuk memanfaatkan kehadiran BPJS Kesehatan sebagai jaminan kesehatan yang mendukung gaya hidup sehat dan berkelanjutan. “Jangan lupa, di Indonesia ini sudah ada BPJS Kesehatan yang hadir menjamin kesehatan seluruh masyarakat. Mulailah sadar dari sekarang bahwa sehat itu mudah,” tutupnya.

Kegiatan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya pola hidup sehat dan peran JKN dalam mendukung kesehatan masyarakat secara berkelanjutan. (Gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *