Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kota Kediri Normalisasi Drainase

Jhons Edward Sitorus
Gambar WhatsApp 2023 12 06 Pukul 17.49.11 5fa8ae17
Petugas Dinas PUPR Kota Kediri saat melakukan pengerukan sampah dan tumpukan tanah di saluran drainase. Foto: Ist
banner 120x600
banner 336x280

Kediri – News PATROLI.COM –

Masalah genangan air yang masih ditemui di sejumlah titik di musim hujan, terus diatasi. Setidaknya, Desember ini dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) Kota Kediri melanjutkan normalisasi dengan pengerukan drainase yang menjadi biang banjir setiap tahun.

Untuk mengantisipasi banjir saat musim penghujan tersebut, Dinas PUPR Kota Kediri melakukan pembersihan di beberapa drainase, termasuk di Jalan Setia Budi, Kelurahan Pakelan Kota Kediri. Pembersihan drainase dilaksanakan dengan mengangkat sampah dan endapan tanah serta pasir.

Banyaknya sampah dan endapan tanah di drainase sering menyebabkan air meluber sehingga menggenangi jalan. Bahkan saat tidak hujan, warga mengeluhkan air drainase berwarna hitam dan berbau tak sedap.

Gambar WhatsApp 2023 12 06 Pukul 17.49.10 3c3bd619
Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kota Kediri Normalisasi Drainase

Kepala Dinas PUPR Kota Kediri Ir. Endang Kartika Sari, ST., MM., melalui Kapala Bidang Bina Marga, I Made Dwi Permana kepada News PATROLI mengatakan dari hasil pembersihan, ditemukan berbagai macam sampah rumah tangga di dalam drainase. Akibatnya, air tidak bisa mengalir dengan lancar mengalir, dan meluber ke jalan “Makanya kami keruk agar arus air lancar dan tidak mengakibatkan banjir,” kata Made.

Baca juga : Kesejahteraan Buruh Tembakau Miningkat Melalui Manfaat DBHCHT

Made juga menambahkan, dalam pengerjaan saluran air ada beberapa tantangan. Sebab, saluran ada di tengah kota. Mereka harus menghadapi akar pohon, tiang listrik, hingga teras warga yang terlalu menjorok. Meski menghadapi banyak tantangan, Made optimis normalisasi saluran selesai sesuai jadwal.

Untuk memastikan saluran bisa terus berfungsi normal, Made mengimbau masyarakat mau ikut merawatnya. Caranya, dengan tidak membuang sampah di saluran air.

“Masyarakat harus ikut menjaga demi kebaikan bersama. Sampah juga bisa menyangkut dan mengakibatkan sumbatan,” tegasnya. (Jhons/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *