Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

Menapaki Pasar Global, Fakultas Vokasi Unair Bantu UMKM Kabupaten Gresik Tingkatkan Daya Saing Melalui Pengabdian Masyarakat

Favicon
Fakultas Vokasi Unair Bantu UMKM Kabupaten Gresik 1
banner 120x600
banner 336x280

Gresik – News PATROLI.COM –

Tidak jarang pelaku UMKM menghadapi kegagalan dalam mengembangkan bisnisnya karena kesulitan menyesuaikan diri terhadap tantangan yang ada. Sebagai upaya untuk menjawab tantangan bisnis yang ada, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) berkolaborasi dengan Komunitas Pelopor Usaha Gresik (KPUG) menggelar acara pengabdian kepada masyarakat bertemakan “Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Omzet UMKM Komunitas Pelopor Usaha Gresik (KPUG) Menuju Pasar Global”. Minggu, (27/08/2023).

Acara ini merupakan wujud perhatian dan langkah strategis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga untuk mendorong UMKM berdaya saing Global sebagai bentuk sumbangsih pemecahan permasalahan perekonomian Indonesia, mengingat bahwa sektor UMKM adalah pilar ekonomi negara.

Menapaki Pasar Global Fakultas Vokasi Unair Bantu UMKM Kabupaten Gresik Tingkatkan Daya Saing Melalui Pengabdian Masyarakat 2

Antusiasme pelaku usaha untuk turut serta dalam program pengabdian masyarakat ini sangatlah tinggi, hal tersebut nampak dari keikutsertaan pelaku UMKM di Kabupaten Gresik yang hadir pada acara ini. Rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diwujudkan melalui pendampingan dan pelatihan ini berlangsung pada tanggal 27 Agustus 2023, di Hall Koromi Cafe, Gresik.

Pengabdian Masyarakat ini juga tentunya mendukung pemerintah dalam mewujudkan 17 tujuan SDGs, khususnya dalam mencapai SDGs no.8 (Decent work and economic growth) dan no.9 (Industry, Innovation and Infrastructure) yang terkait dengan usaha mikro kecil menengah.

Baca juga : Aktivis Sumenep Himbau Masyarakat UMKM Ikut Sertifikat Halal

Penerapan strategi bauran pemasaran pada UMKM di Kabupaten Gresik dilakukan dengan pemberian pelatihan tentang penyusunan Harga Pokok Penjualan (HPP) sebagai dasar menentukan harga jual dan pemanfaatan platform digital untuk melakukan pemasaran. Ketua Pengabdian kepada Masyarakat yang sekaligus merupakan pembicara utama adalah Wahyu Firmandani., S.A., M.Ak., CPMA., CAPF (Dosen Prodi D3 Akuntansi). Yang bersangkutan memberikan panduan dalam menentukan harga pokok penjualan secara terstruktur untuk menentukan harga jual yang kompetitif, menyusun laporan harga pokok penjualan dan laporan laba rugi. “Penghitungan harga pokok penjualan (HPP) merupakan kunci untuk dapat menentukan harga jual yang kompetitif. Dengan kemajuan teknologi dan keterbukaan pasar tentunya harga jual merupakan indikator pemberat untuk memenangkan hati konsumen baik bagi konsumen pasar domestik maupun konsumen pasar global”, Ujar Wahyu Firmandani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *