Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

Tingkatkan Kemampuan Hadapi Bencana Alam, Kodim Bojonegoeo ikuti Latihan Gulbencal

Eko Wahyudi
Gambar WhatsApp 2023 12 04 Pukul 10.18.56 759371be E1701660959741
banner 120x600
banner 336x280

“Latihan ini juga sebagai upaya memadukan rencana operasi Satuan dengan rencana kontijensi Kodam V Brawijaya khususnya penanggulangan bencana alam banjir diwilayah,” kata Mayjen TNI Farid Makruf, M.A.

Selain itu, latihan tersebut juga untuk melatih prajurit dilapangan dalam pelaksanaan penanggulangan bencana alam banjir dengan harapan Satuan Korem 082/CPYJ siap untuk menghadapi berbagai ancaman bencana alam khususnya banjir yang kemungkinan terjadi. “Latihan ini difokuskan terhadap adanya bencana alam banjir yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan instansi terkait untuk menyiapkan semua unsur dalam menangani bencana alam apabila terjadi bencana sesungguhnya,” ujar Pangdam.

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A., berharap, menyikapi kondisi yang ada saat ini, kepada Danrem 082/CPYJ beserta jajaran untuk terus membenahi Protap penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi dengan menitikberatkan pada penanganan korban, pengungsi dan kesehatanya, membantu kelancaran distribusi bantuan bahan makan, minuman serta obat-obatan.

Baca juga : Warga Sambut Gembira Gerakan Pangan Murah yang Digelar Pemkab Bojonegoro

“Selain itu juga menyiapkan satuan, personel, materiil, logistik dan alutsista untuk siap digerakkan bila sewaktu-waktu terjadi bencana di daerah,” tegas Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A.

Diakhir amanatnya, Pangdam V Brawijaya menyampaikan beberapa hal yang perlu untuk dipedomani dalam pelaksanaan latihan tersebut diantaranya, pertama, laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh disertai motivasi yang tinggi, laksanakan tugas dan peran masing-masing seoptimal mungkin sehingga tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai dengan maksimal.

Kedua, kuasai bidang dan tugas masing-masing serta kembangkan mekanisme kerja di Markas sesuai disiplin ilmu yang telah diterima dan disesuaikan dengan situasi yang dihadapi, sehingga terbentuk team work yang efektif dalam memecahkan setiap permasalahan. “Dan yang ketiga, manfaatkan latihan ini sebagai sarana untuk mengadakan introspeksi terhadap kemampuan kita baik secara perorangan maupun Satuan,” pungkas Mayjen TNI Farid Makruf, M.A. (eko/PEN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *