banner 700x256

Wisata Edukasi Gumuk Watu di Desa Dukuhdempok Motor Penggerak Perekonomian Masyarakat

Wisata Edukasi Gumuk Watu di Desa Dukuhdempok Motor Penggerak Perekonomian Masyarakat
banner 120x600
banner 336x280

Jember – News PATROLI.COM –

Pemdes Dukuhdempok kecamatan Wuluan Kabupaten Jember telah membangun tepat wisata edukasi Gumuk Watu yang berada di dusun Dukuh, proyek pembangunan berjalan lancar dan sangat bermanfaat bagi masyarakat desa Dukuhdempok.

Manfaat bagi mansyarakat dengan adanya wisata ini adalah bisa menambah lapangan pekerjaan dan lahan usaha UMKM, manfaat bagi desa bisa menambah pendapatan desa Dukuhdempok dan pemanfaatan potensi Desa.

Waktu awak media mengkonfirmasi direktur BUMDES Dukuhdempok menuturkan ” saya selaku direktur BUMDES Dukuhdempok sangat senang sekali dengan terlaksananya proyek ini karena obyek wisata Gumuk Batu sangat berguna bagi masyarakat desa Dukuhdempok dan masyarakat Jember pada umumnya” ujar Agung Puji Santoso.

Agung Puji Santoso menambahkan ” Saya ucapkan terimaksih kepada Kepala desa Dukuhdempok yang telah memprogramkan proyek wisata ini, dan saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang turut serta menyukseskan pembangunan Wisata Gumuk Watu” tambahnya.

Fasilitas Wisata Edukasi Sentra Gumuk Watu menyediakan tempat wisata bagi pengunjung tentang wisata memetik buah dan adrenalin outbond.Selain itu, tempat ini juga dapat digunakan sebagai tempat pertemuan masyarakat maupun aktifitas bersama komunitas.Agrowisata Dukuh Dempok berada di Jember Selatan. Dikenal sebagai kawasan wisata Gumuk Watu yang dikelilingi oleh aliran sungai, pepohonan dan hamparan persawahan yang luas dan menghijau.

Baca juga : Operasi Sikat Semeru Berhasil Ungkap Sejumlah Kasus, Kapolres Jember Sampaikan Terimakasih Kepada Masyarakat

Adapun lokasi yang strategis berdekatan dengan aliran sungai, pepohonan, bukit, dan hamparan persawahan yang luas juga menjadi nilai tambah daya tarik tempat ini.

Sejak awal lahan wisata Gumuk Watu memang dikonsep sebagai wisata edukasi. Tujuannya jelas, diharapkan menjadi motor penggerak ekonomi desa dan juga wahana pendidikan. Baik bagi anak-anak desa setempat maupun masyarakat pada umumnya.

Berdasarkan konsep itulah, kemudian BUMDes Dukuh Dempok mulai membuat peta agrowisata dengan mulai menanam berbagai macam tanaman buah, tanaman obat, dan sayuran. Macam-macam buah yang ditanam adalah jambu kristal, jambu merah, jambu air, jeruk sunkist, kersen, buah kawista, dan nangka sebagai pelengkap edukasi keaneragaman hayati wisata Gumuk Watu.

BUMDes Dukuh Dempok juga melengkapi kebunnya dengan tanaman perdu yang memiliki nilai manfaat obat, seperti pohon cermai, dewandaru, zaitun, dan lerak. Sementara untuk tanaman sayuran, ada sawi, terong, bayam, kenikir, brokoli, genjer, ketela pohon, dan kangkung.

Berbagai tanaman pangan, obat-obatan, hingga buah-buahan ini menjadi sarana pendidikan Agrowisata. BUMDes Dukuh Dempok lalu membuka kawasan wisata ini dengan melibatkan orang lokal dan berhasil menyedot kunjungan dari masyarakat. ( Susanto )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *