Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

Kondisi Air di Aliran Laut Sekitar Pantai Pasir Putih Desa Remen Keruh, Diduga Akibat Limbah Milik TPPI Tuban

Eko Wahyudi
Gambar WhatsApp 2023 12 01 Pukul 09.55.51 C187b21c E1701400157855
banner 120x600
banner 336x280

Tuban – News PATROLI COM –

Kondisi air di aliran laut di sekitar PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT. TPPI) di Desa Remen Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Jawa Timur keruh dan meninggalkan bekas warna hitam di bibir kanal aliran menuju laut di Wisata Pasir Putih.

Sontak warga setempat melaporkan pada Kepala Desa dan meneruskan pada pihak PT TPPI dan Dinas Lingkungan hidup serta Dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Tuban.

Sesaat pasca ada laporan warga, pihak PT TPPI bersama Dinas terkait memang langsung mengecek kondisi air laut dan beberapa ikan yang mati, namun hingga saat ini hasil dari uji lab limbah yang menyebabkan kerusakan pada lingkungan tersebut belum disampaikan pada masyarakat sekitar.

Perihal adanya limbah awalnya diketahui oleh Pak No salah satu warga setempat, dirinya melihat kondisi air laut sudah berubah dan melihat banyak ikan mati dirinya tidak berani meneruskan untuk menjala ikan, lantaran takut ikan di laut beracun dan membahayakan kesehatan. Saat itu, saya melihat banyak ikan mati dan air laut sudah berubah dan kulit saya kena air laut saja gatalnya kuar biasa mas” celotehnya. Pada (30/11/23).

Kami bersama warga lainya melaporkan kepada Pemerintah Desa agar ada tindak lanjut dari pihak PT TPPI untuk melakukan evaluasi soal penanganan limbah ” tambahnya.

Baca juga : Siapa Bilang Kadin Kominfo Bojonegoro Anti Kritik, Ini Penjelasannya

Pak No bersama warga lainnya saat ini masih berharap harap cemas, karena hasil dari uji lab yang dilakukan pihak PT TPPI dan Dinas terkait belum disampaikan pada masyarakat. Hal ini membuat para warga yang menggantungkan hidup mencari ikan masih ketar ketir dengan dampak limbah yang mencemari air laut disekitar perusahaan.

Sementara Rusdiono Kades Remen saat dikonfirmasi mengatakan adanya permasalahan yang diakibatkan pihak PT TPPI, Kita berupaya undang pihak perusahaan agar bisa menjelaskan pada warga, ada kejadian ini saya juga cek lokasi dan kita langsung sampaikan pada manejemen TPPI, Tadi ada opsi yang disampaikan oleh perusahaan, yakni segera di tanggul pada pembuangan limbah dan kedepannya kita minta tanggul permanen agar tidak jebol lagi dan masuk di wisata Desa pasir putih” ucapnya.

Hingga saat ini, warga Desa Remen di sekitar PT TPPI masih menunggu hasil uji lab air laut yang terdampak limbah yang sudah mencemari lingkungan hingga mengakibatkan banyaknya ikan mati dan air laut menjadi berubah.(eko/*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *