Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

Ditlantas Polda Jatim Ajak Masyarakat Wujudkan Zero Knalpot Brong

Favicon
Ditlantas Polda Jatim Ajak Masyarakat Wujudkan Zero Knalpot Brong E1706260891499
Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKBP Raden Erik Bangun Prakasa. | Foto: Ist
banner 120x600
banner 336x280

Surabaya – News PATROLI.COM –

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim mengajak seluruh masyarakat untuk zero knalpot brong. Hal ini disampaikan oleh Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKBP Raden Erik Bangun Prakasa.

“Ditlantas Polda Jatim mengajak untuk memberikan sanksi sosial kepada pengguna knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis atau brong dengan cara dikucilkan,dan mengajak seluruh anggota komunitas motor untuk mensukseskan program Mahameru,”ujar AKBP Erik Bangun Prakasa dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/1/2024).

Menurut mantan Kasat PJR Polda Jatim ini, langkah ini diambil setelah upaya represif berupa tilang dinilai kurang maksimal untuk membuat jera para pelanggar. Program Mahameru Lantas ini digagas atas dasar banyaknya kecelakaan pemotor hingga menyebabkan pengendaranya tewas. “Kegiatan ini merupakan hal yang harus diantisipasi karena angka kematian terbesar di indonesia di akibatkan oleh kecelakaan lalu lintas,”katanya.

Baca juga : Apel Deklarasi Jateng Zero Knalpot Brong, Langkah Tegas Polda Jateng Wujudkan Pemilu Damai

Menurutnya, pengguna knalpot brong cenderung mengemudikan laju motornya dengan kencang. Sebab, apabila laju motor yang ditunggangi itu kencang, otomatis suara knalpot yang yang tidak sesuai standar itu juga ikut kencang.

“Sebagian besar pengguna kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis melaju kencang. Oleh sebab itu, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan lalu lintas yang berbudaya,” ungkapnya.

AKBP Erik Bangun menambahkan, sebagai langkah awal hari ini program ini sudah di sosialisasikan di Polres,Tulungagung di ikuti oleh komunitas otomotif di wilayah Kediri raya 10 kabupaten/kota.

“Ini juga sebagai launching dan sosialisasi program Mahameru untuk zero knalpot brong. Kegiatan sosialisasi ini akan terus berlangsung di wilayah lain se Jawa Timur,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *