Banner Berdiri Dalam Berita 2
Banner Berdiri Dalam Berita 2
banner 700x256

KKKS Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep Gelar Bimtek

Favicon
KKKS Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep Gelar Bimtek
KKKS Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep Gelar Bimtek
banner 120x600
banner 336x280

Pangkep – News PATROLI.COM –

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), Rabu, (16/10/2024), kegaiatan bertempat di Sekolah Dasar Negeri 27 Paukiri.

Bimtek tersebut dihadiri Pengawas Sekolah Dasar Negeri Wilayah I Labakkang Anwar.S.Pd, Pengawas Sekolah Dasar Negeri Wilayah III Labakkang H.Abd Rahman.S.Pd, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Labakkang H.Page Haya.S.Pd.MM, Pengawas Guru Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Pangkep Sarah Rungkeni.S.Pdi.M.Pdi, Kepala Sekolah Dasar Negeri yang tergabung dalam
(KKKS) Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.

Di awal kegaiatan, Sekertaris Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep, Muhammad Akil, S.Pd. melaporkan bahwa Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) kali ini mengangkat tema. “Bedah Rapor Pendidikan Sekolah” dengan tujuan untuk mengevaluasi pencapaian dan kendala pendidikan di sekolah-sekolah dalam lingkup Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.
Melalui kegiatan ini, diharapkan kepala sekolah mampu memahami hasil evaluasi tersebut, menyusun rencana tindak lanjut untuk meningkatkan mutu pendidikan, serta berbagai strategi dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul.

Materi bedah rapor pendidikan meliputi evaluasi terhadap beberapa indikator kinerja sekolah yang diukur dalam rapor pendidikan nasional, antara lain, Capaian Akademik Siswa, Evaluasi terhadap hasil belajar siswa diberbagai mata pelajaran utama seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Disajikan data capaian ujian dan hasil penilaian formatif serta sumatif.

Kinerja Guru, Analisis mengenai kinerja guru, mulai dari kehadiran, partisipasi dalam pelatihan, hingga inovasi dalam pengajaran. Dijelaskan pula tentang pentingnya peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan berkelanjutan.

Mutu Layanan Pendidikan, Penilaian terhadap kualitas layanan pendidikan, termasuk pengelolaan manajemen sekolah, pelayanan administrasi, serta kondisi sarana dan prasarana pendukung.
Tingkat Partisipasi Orang Tua dan Masyarakat. Evaluasi peran serta orang tua dan masyarakat dalam mendukung proses pendidikan di sekolah, termasuk keterlibatan mereka dalam kegiatan-kegiatan sekolah.

KKKS Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep Gelar Bimtek 2
KKKS Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep Gelar Bimtek

Dalam Sambutannya Ketua KKKS Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep, H.Page Haya, S.Pd.MM, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Bimbingan teknis yang kita laksanakan hari ini mengusung tema yang sangat penting dan relevan, yaitu “Bedah Rapor Pendidikan Sekolah”.

Masih menurut Page Hanya, Sebagai kepala sekolah, kita tentu memahami bahwa rapor pendidikan bukan sekadar angka atau data, melainkan refleksi dari kinerja dan kualitas pendidikan di sekolah kita. Melalui kegiatan bedah rapor pendidikan ini, kita akan lebih mendalami berbagai indikator kinerja, termasuk pencapaian akademik, pengelolaan sekolah, dan kesejahteraan siswa.

Dia juga menambahkan, bahwa Bimbingan teknis ini juga menjadi kesempatan bagi kita semua untuk melakukan evaluasi bersama, serta merumuskan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah masing-masing. Kita harus memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar setiap informasi dan pengetahuan yang diperoleh dapat diimplementasikan secara nyata di lapangan.

Sebagai Ketua KKKS dia berharap, kegiatan tersebut dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi antar kepala sekolah, sehingga kita bersama-sama dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Labakkang. “Mari kita jadikan rapor pendidikan sebagai peta jalan dalam meraih prestasi yang lebih baik lagi di masa mendatang” himbaunya.

Selnajutnya, Sambutan juga disampaikan Pengawas Guru Pendidikan Agama Islam, Sarah Rungkeni. S.Pd.I.M.Pdi. Dalam kata sambutannya dia menyampaikan, “saya ingin menekankan pentingnya rapor pendidikan ini dalam konteks pendidikan agama. Pendidikan agama memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik.” ucapnya.

Baca juga : Polisi Sahabat Anak, Satlantas Polresta Sidoarjo Kenalkan Pentingnya Tertib Berlalu Lintas kepada Murid PG dan TK

“Oleh karena itu, evaluasi kinerja pendidikan agama juga harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keseluruhan rapor pendidikan. Hal ini mencakup penguatan karakter berbasis nilai-nilai Islam yang harus terus kita kawal bersama dalam setiap proses pendidikan di sekolah.” imbunya.

Masih menurut Sarah RUngkeni, “Melalui kegiatan bedah rapor pendidikan ini, saya berharap kita semua dapat lebih cermat dalam menganalisis berbagai indikator kinerja pendidikan. Apa yang menjadi kekuatan harus kita pertahankan dan kembangkan, sementara apa yang masih menjadi kekurangan, mari kita evaluasi bersama dan carikan solusinya dengan melibatkan semua pihak yang terkait, baik dari unsur sekolah, keluarga, maupun masyarakat.” paparnya.

“Saya yakin dan percaya, dengan kerja sama yang solid, serta dukungan dari seluruh stakeholder pendidikan, kita dapat terus meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik dan lebih berkualitas di masa yang akan datang.” pungkas Sarah.

Refleksi Kegiatan Bimbingan Teknis Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dengan tema “Bedah Rapor Pendidikan Sekolah”

Sebagai Narasumber I, Anwar, S,Pd. juga Selaku Pengawas Wilayah 1 Kecamatan Labakkang menyampaikan Refleksi Kegiatan ini bahwa pada kesempatan ini, saya merasa sangat bersyukur dan berterima kasih telah dipercaya menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dengan topik “Bedah Rapor Pendidikan Sekolah.” Acara ini merupakan sebuah kesempatan yang berharga untuk berbagi dan berdiskusi mengenai strategi perbaikan kualitas pendidikan berdasarkan data Rapor Pendidikan Sekolah.

Sebagai narasumber, saya merasa sangat antusias karena materi yang disampaikan memiliki relevansi yang tinggi dengan peningkatan mutu pendidikan. Dalam sesi ini, kami membahas bagaimana kepala sekolah dapat memanfaatkan data dari Rapor Pendidikan Sekolah untuk melakukan refleksi terhadap kinerja sekolah secara keseluruhan. Berdasarkan pengalaman saya sebagai Pengawas sekolah, data tersebut sangat penting sebagai landasan dalam mengambil keputusan strategis yang tepat.

Selain itu Sebagai Narasumber 2, H.Abd. Rahman, S,Pd. juga Selaku Pengawas Wilayah III Kecamatan Labakkang menyampaikan refleksi kegiatan ini sangat bermanfaat, tidak hanya bagi kepala sekolah tetapi sangat berdampak jangka panjang pada guru dan peserta didik.

Meskipun data pendidikan kini sudah lebih mudah diakses, masih diperlukan pelatihan berkelanjutan agar kepala sekolah semakin mahir dalam mengelola data dan mengambil kebijakan yang berdampak positif.
Selain itu, sesi tanya jawab yang interaktif memberikan banyak wawasan baru mengenai kendala di lapangan yang dialami oleh berbagai sekolah, dan hal ini menjadi masukan berharga untuk pengembangan strategi ke depan.

Harapan saya setelah kegiatan ini adalah setiap kepala sekolah dapat menggunakan rapor pendidikan sebagai alat refleksi yang berkelanjutan. Semoga dengan pemahaman yang lebih baik terhadap data, kita semua mampu merancang program-program perbaikan yang lebih efektif dan berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

“Saya percaya, dengan komitmen dan kerja sama yang kuat di antara seluruh pihak, perubahan positif dalam dunia pendidikan dapat tercapai” pungkasnya (Abdullah Sangkala)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *